Melayani & Melindungi Dengan Nurani

Perkuat Strategi dan Sinergi, Satgas Sikat Sindikat BP2MI Gelar FGD Bersama Humas

1,007

SM, JAKARTA – Semangat mengembangkan program yang pro pada Pekerja Migran Indonesia (PMI), ditunjukkan Satuan Tugas (Satgas) Sikat Sindikat. Satgas yang dibentuk Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani ini, Kamis (18/11/2021) melaksanakan Forum Group Discussion (FGD).

Mewakili Direktur Wilayah Eropa dan Timur Tengah, Wahyuningrum, Koordinator Pelindungan Kawasan Timur Tengah I Ertim, Ronny Pancratius Anis, SE.,M.Si dalam sambutan pembukaan FGD yang dilaksanakan Satgas Sikat Sindikat, melalui Divisi Publikasi Media.

Ronny mengatakan bahwa kegiatan tersebut penting dilaksanakan. Selain menyatukan persepsi, momentum untuk menerima usulan dan saran dari berbagai pihak. Yang juga penting adalah menggenjot konsolidasi program.

“Tentu FGD yang dilakukan secara berkala ini penting. Untuk Divisi Publikasi Media, di bulan ini sudah satu kali melaksanakan FGD. Dan secara keseluruhan telah dua kali membuat FGD di tahun 2021. Kita berharap penyamaan persepsi, sinergitas dan konsolidasi program dapat dilakukan dengan baik. Sehingga peran edukasi dan pelaksanaan dari kampanye Sikat Sindikat bisa terwujud,” kata Ronny.

Berlangsungnya FGD

FGD yang mengusung tema: “Strategi dan Sinergi Divisi Publikasi Media untuk Penguatan Peran BP2MI” ini mengudang sejumlah Ketua-Ketua Divisi di internal Satgas Sikat Sindikat, serta juga Koordinator Humas dan Perpustakaan BP2MI, Fanny Wahyu Kurniawan.

Dalam sesi dialog, Nuryaman Berry, salah satu narasumber menyentil soal pentingnya perumusan strategi pemberitaan media yang berorientasi pada kerja kolektif. Menurut Berry, tindaklanjut dari FGD sebelumnya harus dioptimalkan dalam implementasi.

“Kali ini kita mengundang Humas BP2MI untuk penyatukan persepsi. Dan perumusan strategi untuk impelementasi program agar tidak tabrakan. Sebetulnya semua program Divisi yang ada di Satgas Sikat Sindikat memerlukan publikasi. Ya, hal itu berarti kolaborasi lintas Divisi dalam mengimplementasikan program diperlukan. Kedepan koordinasi, sinergi di internal Satgas makin dikencangkan lagi. Dari kerja mempublikasikan kegiatan atau program, berarti publik akan mengetahui eksistensi kita. Selain itu, aspek edukasi dan literasi akan tersentuh dengan tepat sasaran,” ujar Berry.

Untuk diketahui, kegiatan FGD yang dilaksanakan selama dua hari yakni, Kamis sampai Jumat, 18-19 November 2021 bertempat di Swiss-Belresidences Kalibata, Jakarta. Divisi Publikasi Media, sebagai penyelenggara. Ketua Divisi, Ninoy Karundeng, hadir menjadi narasumber dan Amas Mahmud, yang juga Sekretaris Divisi.

Foto bersama peserta FGD yang hadir langsung

Hadir pula Bob Rinaldi Randilawe, yang adalah narasumber. Sukmadji Indro Cahyono, juga sebagai narasumber. Sementara itu moderator Ilham Rivai, Koordinator Pelindungan Kawasan Eropa dan Ronny Anis. FGD juga masih berlajut besok, Jumat (19/11/2021) dengan menghadirkan sejumlah narasumber lainnya.

Selain itu, FGD ini diikuti Kepala UPT BP2MI DKI Jakarta, Kombes. Pol. Victor Sihombing, dan seluruh perwakilan UPT BP2MI se-Indonesia. Sebagian peserta hadir langsung, dan yang lain mengikuti secara virtual melalui Zoom meeting. (*/Mas)

Tinggalkan Balasan