Melayani & Melindungi Dengan Nurani

BRI dan E9pay Memperluas Kerja Sama untuk PMI di Korea Selatan

22

 

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperluas kerja sama remitansi dengan perusahaan penyelenggara transfer dana (PTD) E9pay Company Limited (E9pay Co, Ltd) untuk meningkatkan akses bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) di Korea Selatan dalam mendapatkan layanan finansial terbaik.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI, Agus Noorsanto, menyatakan komitmen BRI untuk memberikan layanan unggul bagi nasabah di dalam dan luar negeri.

- Advertisement -

“Ini merupakan salah satu langkah strategis BRI untuk menciptakan inklusi keuangan yang bermanfaat bagi seluruh nasabah BRI,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Perluasan kerja sama ini telah disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BRI dan E9pay di Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Sejak dimulainya kerja sama pada tahun 2017, PMI di Korea Selatan telah mendapatkan akses lebih lengkap atas layanan keuangan dari BRI melalui jaringan E9pay, mulai dari persiapan pemberangkatan hingga aktivitas di Korea Selatan.

BRI juga telah memudahkan layanan transfer uang dari Korea Selatan ke Indonesia melalui integrasi BRIfast Remittance dengan jaringan E9pay. Para PMI di Korea Selatan dapat menggunakan aplikasi E9pay untuk mentransfer dana ke semua unit kerja BRI di Indonesia.

- Advertisement -

CEO E9pay, Joen Hyeok Gu, menyebut BRI sebagai salah satu mitra strategis E9pay di Indonesia. Dalam upaya meningkatkan pengalaman finansial PMI, kerja sama tersebut perlu ditingkatkan.

“E9pay berkomitmen untuk meningkatkan layanan finansial bagi warga Indonesia yang bekerja di Korea Selatan,” kata Gu.

E9pay merupakan perusahaan fintech pertama di Korea Selatan yang memiliki lisensi bisnis remitansi luar negeri dari Kementerian Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan. Perusahaan ini memiliki jaringan bisnis yang mencakup lebih dari 22 negara di dunia.

Menurut data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah PMI di Korea Selatan mencapai 12.580 orang pada tahun 2023, meningkat 10,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

BP2MI memperkirakan penempatan PMI ke Korea Selatan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan, mengingat kebutuhan akan tenaga kerja muda di negara tersebut.***

Tinggalkan Balasan