Melayani & Melindungi Dengan Nurani

Tumbuhkan Nasionalisme, Kepala BP2MI Ingatkan CPNS Jangan Sampai Terpapar Radikalisme

817

SM, JAKARTA – Setelah dipandu, Kepala Divisi Pemandu Bidang Informasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Purnomo, rombongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Kamis (25/11/2021). Rombongan yang dipimpin langsung Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, mengunjungi sejumlah jejak sejarah.

Dalam kunjungan ke Museum Indonesia TMII, Benny didampingi Deputi BP2Mi, Lastro Simbolon dan Agustinus Gatot Hermawan. Hadir pula Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO), Sri Andayani. Selanjutnya, menuju Gedung Bahari ke tempat pelaksanaan Capacity Building CPMI.

‘’Hari ini merupakan momentum bersejarah bagi para CPNS di BP2MI yang sebentar lagi menjadi PNS. Tadi kalian sudah dikenalkan tentang pesona dan kekhasan Indonesia yang beragam budaya. Adat tari-tarian serta peninggalan sejarah lainnya. Saat ini kalian akan mengikuti penyampaian materi wawasan kebangsaan, tentang Nasionalisme. Silahkan menyimak secara seksama,’’ ujar Yani, sapaan Sri Andyani.

CPNS BP2MI ketika berada di Museum Indonesia

Pada kesmepatan tersebut, Benny menjelaskan pentingnya nasionalisme dan cinta tanah air. Tegas politisi Partai Hanura itu menyampaikan bahayanya ideologi transnasional yang merongrong Pancasila. Menghadapi itu, para PNS memerlukan pegangan prinsip yang kuat dalam menjaga harmonisasi.

Kepala BP2MI memberikan ceramah terkait Nasionalisme

‘’Perlu diketahui, sekarang sedang tumbuh perang dan benturan antara ideologi. Pancasila mulai dirongrong, PNS berada pada posisi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Indonesia. Jangan sampai ada yang terpengaruh dengan ideologi import. Ideologi transnasional hanya akan meruntuhkan Pancasila. Sehingga harus ditatam, ditumbuhkan dan dikembangkan rasa cinta terhadap tanah air. Bahaya jangan sampai PNS terpapar gerakan radikalisme atau terorisme,’’ kata Benny.

Ratusan CPNS itu mendapat bimbingan dari Kepala BP2MI yang dengan gambang membeberkan pentingnya kemanusiaan, keadilan dan toleransi. Mnenurut Benny, tema sinergi, kolaborasi dan inovasi harus terus mewarnai semangat kerja para PNS yang ada di BP2MI.

‘’Kita harus menghormati keberagaman. Kesadaran menjaga Pancasila inilah yang terus dirawat dan ditumbuhkan. Hindari sikap kita dari sikap anti perbedaan. Merasa agama kita paling benar, lalu mengkafirkan atau menyalahkan ajaran agama lain. Saya juga mengajak kita kokohkan toleransi, kerukunan, serta hidup dalam nilai-nilai kemanusiaan. Kesetaraan, tidak saling mendiskriminasi,’’ tutur Benny.

Foto bersama Kepala BP2MI dan CPNS

Kegiatan yang mengusung hastag BerAHLAK itu disebut Benny sebagai ikhtiar memupuk etos kerja dan profesionalisme. Jika telah dikenalkan sejarah, tambah Benny, ia berharap CPNS yang sebentar lagi menjadi PNS di BP2MI dapat mengamalkannya dalam tindakan hidup berdampingan yang rukun. Saling menghormati antara sesama. (*/mas)

Tinggalkan Balasan