Melayani & Melindungi Dengan Nurani

Serah Terima Jabatan Sestama BP2MI Berlangsung Hikmat

910

SM, JAKARTA – Proses Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Penyerahan Momerandum Akhir Tugas Sekretaris Utama (Sestama), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Tatang Budie Utama Razak, Selasa (30/11/2021) dipimpin Kepala BP2MI, Benny Rhamdani. Sertijab berlangsung hikmat. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula KH. Abdurrahman Wahid kantor BP2MI itu memberi kesan soliditas tim yang dalam.

“Saya berterima kasih kepada Kepala BP2MI, Pak Benny Rhamdani yang telah bekerja luar biasa sebagai pimpinan di BP2MI. Beliau tampil dengan model kepemimpinan yang hebat, terima kasih juga atas kerja sama Bapak Ibu Pejabat di lingkup BP2MI. Bersama seluruh pegawai yang telah bekerja bersama. Tentu dari proses inilah yang mengantar saya dengan amanah baru sebagai Duta Besar. Semoga kita semua diberi kemudahan dalam berbagai urusan,” ujar Tatang.

Sestama Tatang, ketika menyampaikan sambutan

Lanjut birokrat senior itu mengatakan pentingnya membangun kolaborasi kerja yang kuat di internal BP2MI. Apalagi cara kerja Kepala BP2MI terbilang cepat dan tegas. Para pegawai (ASN) harus mempu mengikuti ritme kerja Kepala BP2MI. Tidak hanya itu, Tatang meminta maaf jika dalam kerjanya ada hal-hal yang kurang berkenan. Menyinggung atau bertentangan dengan pihak tertentu.

“Tugas saya secara kedalam memang tidak mudah, karena membenahi dan memperkuat birokrasi. Banyak hal terkait pelayanan yang kedepan perlu diperkuat BP2MI. Saya juga salut atas kerja tanpa henti dari Pak Benny. Ayo seluruh pegawai wajib mengikuti ritme kerja Kepala BP2MI, karena kepentingannya sama yakni memajukan Badan yang kita cintai ini. Kemudian, saya juga meminta maaf kepada Pak Benny selaku Kepala Badan bila dalam kerja belum benar-benar maksimal. Tak ada manusia sempura. Saya meminta maaf kepada semua pihak bila ada salah selama bekerja disini, saya juga telah memaafkan siapapun yang mungkin pernah ada perbedaan pandangan dan cara kerja di BP2MI,” ujar Lulusan Hubungan Internasional UNPAD ini dalam sambutannya.

Prosesi penandatanganan Momerandum akhir tugas dan Berita Acara

Sementara itu, Kepala BP2MI menghaturkan terima kasih atas komitmen dan kontribusi Tatang. Menurut Benny, sosok Tatang sebagai birokrat yang disiplin dan tegas. Ia juga bersyukur karena mendapat kesempatan bekerja bersama untuk memajukan BP2MI. Benny menyampaikan selamat bertugas bagi Dubes Republik Indonesia ini.

“Tentu saya adalah orang yang beruntung karena berkesempatan bekerja dengan Pak Sestama Tatang Budie Utama Razak. Beliau ini dalam karirnya sangat cemerlang. Banyak hal juga saya belajar dari beliau. Sosok birokrat handal yang memiliki pengalaman kerja luar biasa. Selamat bertugas di tempat yang baru Pak Tatang sebagai Duta besar Indonesia untuk Republik Kolombia merangkap Antigua dan Barbuda, Barbados dan Federasi Saint Kitts dan Nevis. Saya yakin kita akan bertemu dalam kerja-kerja kenegaraan,” kata Benny.

Berbagai kerja bersama digambarkan Benny. Bahwa sejumlah karya dan kenangan yang ditinggalkan Tatang di BP2MI juga tidak sedikit. Benny mengingatkan tentang regenerasi dan pentingnya meninggalkan warisan kebaikan dalam kerja-kerja pelayanan publik.

Sesi foto bersama Kepala Badan, Sestama, Deputi, Direktur dan Kepala Biro

“Tidak mudah bagi birokrat membangun karir, tentu banyak hal dilakukannya untuk bekerja profesional, termasuk yang ditunjukkan Pak Tatang. Saya mengakui bahwa perbaikan di internal birokrasi tengah beliau lakukan. Termasuk karya beliau bersama saya merancang bagunan Aula di BP2MI ini. Dan banyak hal lain yang menjadi kontribusi nyata beliau. Dilain sisi, saya menyadari soal regenerasi dan legacy itu penting. Karena setelah kita, masih ada generasi-generasi mendatang yang harus kita siapkan untuk memimpin dan mengabdi disini,” tutur Benny, politisi Partai Hanura ini.

Untuk diketahui, setelah Serah Terima Jabatan dan penandatanganan Berita Acara, Kepala BP2MI juga menunjuk Irjen. Pol. Achmad Kartiko, S.IK.,M.H yang juga Deputi Bidang Penempatan dan Pelindunga Kawasan Eropa dan Timur Tengah, sebagai Plt Sekretaris Utama BP2MI. (*/mas)

Tinggalkan Balasan