Melayani & Melindungi Dengan Nurani

Kepala BP2MI Beberkan 3 Hal, Sebut PMI Membanggakan

9

SuaraMigran.com, JAKARTA – Praktek pemalakan dan pemarasan tidak boleh terjadi. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, Senin (7/3/2022) dalam acara Pelepasan PMI dari Ukraina ke Daerah Asal. Dalam kesempatan ini, Benny menjelaskan pentingnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) diperlakukan negara.

“PMI menjadi aset penting pemerintah Indonesia. Itu sebabnya saya menjaga betul posisi terhormat PMI, dimana penghapusan pemalakan dan proses pembodohan jangan sampai dilakukan. Hal itu buruk, berdampak merusak. Sebagai kategori PMI terkendala, pemulangan terhadap kalian dengan anggaran negara, merupakan kewajaran. Lalu kami memulangkan PMI ke daerah masing-masing dengan anggaran negara menjadikan sebuah keharusan,” tutur Benny di Aula KH. Abdurrahman Wahid, kantor BP2MI, Jakarta Selatan.

Selain itu, Benny memaparkan pula soal program yang sedang dilakukan BP2MI saat ini. Benny menyebut pentingnya peran publik, stakeholder terkait agar secara bersama menyukseskan apa yang menjadi perintah Presiden Joko Widodo dalam hal melindungi PMI dari hulu hingga hilir.

“Saya sedang melakukan tiga hal penting. Mohon dukungan seluruh rakyat, terlebih PMI. Diantaranya yang akan kami lakukan, pertama, pengadaan rumah untuk PMI. Perumahan bersubsidi. Kemudian kedua, bebas bea masuk barang milik PMI, dan ketiga, Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi PMI,” tutur Benny tegas.

Pelepasan PMI dari Ukraina ke Daerah Asal tersebut menurut Benny tidak lain ada cermin dari respon cepat pemerintah terhadap warganya yang berada di Ukraina. Dan mereka yang terancam atas konflik Rusia Vs Ukraina, hal itulah yang menegaskan peran penting PMI yang notabenenya sebagai Pahlawan Devisa.

Sambutan Kepala BP2MI

“Kalian harus berbangga karena menjadi Pahlawan Devisa. Kebijakan Presiden Jokowi menjadikan PMI sebagai warga VVIP juga diwujudkan dengan fasilitas yang memadai. Tidak hanya itu, banyak kemudahan dan kebijakan gratis yang dilakukan untuk PMI,” ujar Benny di Aula KH. Abdurrahman Wahid, kantor BP2MI, Jakarta, Senin (7/3/2022).

Yang mendampingi Kepala BP2MI dalam kesempatan ini adalah Plt Sekretaris Utama BP2MI sekaligus Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa Timur Tengah, Irjen. Pol. Achmad Kartiko, S.I.K.,M.H. Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Eropa Timur Tengah, Hadi Wahyuningrum, SH.,MM, dan Direktur Penempatan Nonpemerintahan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Mocharom Ashadi, S.Ag, ada pula Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan