Melayani & Melindungi Dengan Nurani

Tugas Berat Satgas PMI

1,688

Jakarta – Perang terhadap mafia atau sindikat pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ke luar negeri sudah dikumandangkan dan sedang dilakoni Benny Rhamdani bersama jajarannya.

Dalam konteks peperangan dan upaya menghentikan aksi sindikat tersebut, Kepala BP2MI itu sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengiriman PMI Non Prosedural.

Satgas ini sudah di-launching pada 17 Agustus 2020 lalu. Sejak dikukuhkan, Satgas yang dipimpin langsung Benny Rhamdani ini sudah beberapa kali menggagalkan pengiriman pekerja Indonesia non prosedural ke luar negeri.

Beroperasi di semua daerah, termasuk di wilayah perbatasan, Satgas mengirimkan sinyal ke kelompok sindikat untuk segera menghentikan aksinya. Benny menyebut Satgas merupakan bagian dari Gugus Tugas Nasional sehingga memiliki kewenangan yang kuat, mampu berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga (K/L) maupun pemerintah daerah serta dapat menjangkau hingga pemerintah di level desa.

“Perlu saya sampaikan, Satgas ini akan melakukan pencegahan dan penanganan sindikat pengiriman PMI non prosedural land-based dan sea-based, dan beroperasi di daerah-daerah perbatasan, di kantong-kantong PMI, serta melakukan pencegahan dan penanganan di negara tujuan penempatan tertentu,” ujar Benny.

Satgas ini menjadi sangat kuat karena melibatkan kelompok-kelompok masyarakat sipil, kalangan ormas keagamaan, serta para akademisi untuk menguatkan efektivitas kerja dari satgas tersebut. Dengan keterlibatan berbagai kalangan, Satgas diharapkan secepatnya membasmi sindikat nakal.

“Kita akan buktikan, kita bisa melakukannya. Negara tidak akan kalah dengan mereka, seberapa pun kuatnya mereka, sebesar apapun jaringan mereka, kita akan sikat tuntas,” tegasnya.

Diketahui, susunan keanggotaan pemberantasan sindikat pengiriman ilegal PMI terdiri dari Ketua Satgas Benny Rhamdani, Ketua Harian Gugus Tugas Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius, Wakil Ketua Harian Achmad Santoso serta Sekretariat dan Kelompok Pakar dari internal BP2MI. Satgas ini memang punya tugas berat. Tapi, partisipasi dan keterlibat berbagai kalangan bakal membantu mereka membasmi sindikat pengiriman ilegal PMI. (*/adm)

Berikut susunan satgas BP2MI

Tinggalkan Balasan