Melayani & Melindungi Dengan Nurani

PMI Jadi Duta Pariwisata

Mimpi Benny Wujudkan Pusdiklat

1,548

Jakarta – Satu persatu visi memajukan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dibeberkan. Dengan optimal bekerja, dan ekstra melakukan evaluasi, visi itu coba direalisasikan.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani memimpin langsung gerakan itu, baik untuk perlindungan maupun penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipimpin langsung Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

Benny mencicil ekspektasinya menempatkan PMI sebagai warga VVIP (Very Very Important Person). Selain mengakomodasi kepentingan PMI melalui peningkatan pelayanan terhadap PMI, BP2MI juga memberi posisi istimewa dengan menyematkan PMI sebagai duta pariwisata Internasional. Status tersebut menurut Benny ikut mengangkat eksistensi PMI sebagai warga VVIP.

‘’Kita telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk memberi peran istimewa kepada para PMI kita. Merekalah sejatinya duta pariwisata Indonesia di Luar Negeri. Kontribusi mereka mengharumkan nama Indonesia wajib kita support dan beri apresiasi. Realitas ini menegaskan level PMI sebagai warga VVIP, diantaranya selain sebagai penyumbang devisa terbesar kedua di Indonesia,’’ ujar Benny, mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara 3 periode ini, Kamis (23/9/2021).

Benny mengatakan mereka PMI, melalui persiapan pemberangkatan calon PMI, hingga pemerintah melalui BP2MI menyiapkan fasilitas serta security sistem bagi PMI saat berada di Luar Negeri atau negara penempatan. Langkah yang dilakukan diantaranya, membangun komunikasi sinergis dengan para calon Kedubes Indonesia untuk Luar Negeri.

‘’Kami memperhatikan segala kebutuhan sarana dan prasarana, berusaha memantapkan pelayanan. Mengatur PMI, berarti mengatur manusia. Makanya perlu dimuliakan, diprioritaskan aspek pelayanan kemanusiaannya. BP2MI sedang merajut-kuatkan komunikasi dengan calon Kedubes Indonesia yang akan dilantik. Saya berharap keterlibatan mereka mengawal, mengawasi dan mengarahkan PMI di negara penempatan menjadi energi baru bagi pelayanan pemerintah terhadap PMI,’’ kata Benny.

Selain itu, mimpi besar Kepala BP2MI yang juga kader Nahdlatul Ulama, mantan Ketua GP Ansor Provinsi Sulawesi Utara 2 periode ini untuk menghadirkan PUSDIKLAT (Pusat Pendidikan dan Pelatihan) bagi para PMI juga disampaikannya. Benny menyebut kerinduannya memberikan yang terbaik bagi PMI akan terus diwujudkan.

‘’Saya juga punya cita-cita luhur, mau mendirikan PUSDIKLAT Indonesia Migran Center. Bagaimana BP2MI membangun PUSDIKLAT yang menaungi semua PMI. Gedung ini akan menjadi rumah besar bagi PMI dan Keluarga mereka. Pelatikan calon PMI handal profesional, fasilitas kesehatan juga kita siapkan disitu. Kita akan membuat posisi PMI bahagia, sejahtera serta istimewa jika Pusdiklat ini ada. Proses edukasi akan lebih efektif kita lakukan disini. Insya Allah mimpi besar ini bisa terwujud,’’ tutur Benny. (*/amas mahmud)

Tinggalkan Balasan